Taman Baca Masyarakat Baru, Di Kemayoran Tersedia 800 Buku

Anak-anak RW 5, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, mendapat ladang ilmu baru. Rabu (31/5) sebuah taman baca masyarakat (TBM) resmi dibuka. Ada 800 koleksi buku di dalamnya.

Anak-anak yang belajar di PAUD Pelita Hati Bunda sejak pagi memadati TBM tersebut. Mereka antusias mendengarkan dongeng dari badut. Ada pula anak-anak TK hingga SD sekitar yang datang beramai-ramai. Suasana TBM berukuran 3 x 4 meter itu semarak.

Bukan hanya anak-anak yang tak sabar untuk segera meramaikan TBM. Kaum ibu juga menyambut antusias kehadiran TBM yang satu lokasi dengan broadband learning center (BLC) itu. ”Yang tua bisa berlatih komputer, anaknya di TBM,” ujar Tri Trisna, salah seorang warga.

Yudo Nugroho, pengurus TBM Kecamatan Krembangan, menyatakan bahwa TBM tersebut merupakan yang ke-9. Sebelumnya, ada delapan TBM yang tersebar di beberapa kelurahan di Kecamatan Krembangan. ”Kalau yang sudah jalan, koleksinya rata-rata sekitar seribu buku,” ungkapnya. Buku yang tersedia, lanjut dia, mulai buku anak-anak, sastra remaja, buku keterampilan, hingga buku kerajinan.

Sementara itu, Camat Krembangan Yudhi Kartika berharap TBM tersebut bisa dimanfaatkan warga. ”Kondisi sosial warga di kawasan ini memang tidak semaju daerah di pusat kota,” katanya. TBM dan BLC yang disediakan bagi warga RW 5 itu diharapkan mendongkrak budaya membaca dan memajukan pengetahuan warga. (kik/c6/nda)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.