“Code C”, Penanganan Cepat dan Akurat untuk Pasien Serangan Jantung

Rumah Sakit Siloam Hospitals Purwakarta, Jawa Barat, membuat terobosan. Mereka menerapkan sistem inovatif terkait penanganan pasien Serangan Jantung (Infark Miokard Akut) di Emergency Department.

Itu tak lepas dari tingginya penderita jantung di seluruh dunia.

Begitu juga dengan data statistik di Indonesia, penyakit jantung koroner masih menjadi penyebab kematian tertinggi dimana dari 100.000 orang, 151 orang diantaranya meninggal karena Jantung Koroner.

"Dengan banyaknya pasien yang terkena Penyakit Jantung Koroner, Siloam Hospitals Purwakarta merasa perlu membuat program untuk mempercepat penanganan pasien serangan jantung di Emergency Department dengan menerapkan Code C," ujar Direktur Siloam Hospitals Puwakarta, Irwan Gandana MARS dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/6)

Dijelaskan Irwan, Code C adalah code yang diberlakukan ketika ada pasien dengan Infark Miokard Akut datang ke Emergency Department.

Yakni berupa panggilan bagi semua unit-unit yang terkait dalam penanganan Serangan Jantung di Siloam Hospitals Purwakarta.

"Target waktu Penanganan Pasien Serangan Jantung (Infark Miokard Akut) dari mulai datang ke Emergency sampai dengan pemberian Suntikan  Fibrinolitik adalah 30 Menit. Tindakan segera tersebut diharapkan akan dapat mengurangi kesakitan dan bahkan kematian," pungkas Irwan.(mam/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.