Satu-satunya di Asia Tenggara, Prodi ESL IPB Ikuti AUN-QA

Program studi sarjana (S1) Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan di bawah Departemen ESL, Fakultas Ekonomi Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menambah jumlah program studi (prodi).

Berkaitan dengan ini, ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) melakukan asesmen sebagai bagian dari penilaian akreditasi Internasional. Asesmen dilakukan mulai Selasa (30/5) hingga Kamis (1/6).

Rektor IPB, Herry Suhardiyanto mengatakan, kampusnya selalu berkomitmen dalam peningkatan mutu pendidikan. Proses penilaian akreditasi dari AUN-QA ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di IPB yang tidak hanya diakui secara nasional, melainkan di tingkat regional dan international.

"Mengingat sistem penilaian AUN-QA menggunakan basis penjaminan mutu (Quality Assurance)," ujar dia dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Jumat (2/6).

Herry menjelaskan, tim yang melakukan assessment  di prodi sarjana Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan adalah Assoc. Prof. Dr. Ornsiri  Cheunsuang dari Chulalomgkorn University Thailand , serta Prof. Dr. Suzeini Binti Abd Halim dari University of Malaya Malaysia.

"Prodi sarjana Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan FEM IPB merupakan satu-satunya Prodi di Asia Tenggara," tambah dia.

Hal senada diutarakan Ketua Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Aceng Hidayat. Aceng berharap kegiatan ini bisa memotivasi seluruh program studi di IPB agar memiliki kualifikasi standar internasional.

"Visitasi ini akan dilakukan dari tanggal 30 Mei hingga 1 Juni untuk memastikan kesesuaian standar proses pelaksanaan pendidikan, sistem manajemen, sumber daya manusia, sarana dan fasilitas dengan standar AUN-QA," cetus dia.

Selain AUN QA, setahun lalu Prodi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan mendapatkan kembali Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

“Untuk lolos AUN QA harus mencapai limit akreditasi 4 ke atas. Hasil akreditasi  dapat menjadi parameter bagi mahasiswa mancanegara,

khususnya dari negara ASEAN umtuk melanjutkan pendidikan di Prodi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB,” tambah Doktor lulusan Humbolt University of Berlin German ini.

Sebagai informasi, IPB telah tiga kali di-asesmen oleh AUN-QA yaitu pada tahun 2013, 2014 dan 2016 sudah sepuluh Departemen yang sudah mendapat sertifikasi AUN-QA.

Sepuluh Departemen itu adalah Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Budidaya Perairan, Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan.

Kemudian Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat, Gizi Masyarakat, Silvikultur, serta Ilmu Ekonomi dan Agribisnis.(mam/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.