Kendalikan Pola Makan, Obesitas Wajib Puasa

Seseorang dengan obesitas artinya sudah melebih berat badan dalam batas normal. Jika sudah dalam tahap ini, hati-hati dengan ancaman berbagai penyakit yang bisa datang kapan saja. Cara paling baik dan sehat dalam mengendalikan berat badan adalah dengan berpuasa.

Kebetulan di bulan Ramadan, berpuasa menjadi solusi jitu dan kesempatan yang baik bagi orang dengan obesitas. Berpuasa dapat memercepat penurunan berat badan. Tidak harus dengan ekstra diet ketat, berpuasa menjadi cara yang mudah bagi seseorang dengan obesitas.

"Orang obesitas justru dianjurkan berpuasa karena akan mempercepat penurunan berat badannya," tegas Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari kepada JawaPos.com, Sabtu (3/6).

Diah menyarankan kegiatan berpuasa bagi orang dengan obesitas dapat terus dilanjutkan setelah usai bulan Ramadan sehingga berat badan terjaga baik. Jangan hanya puasa, olahraga juga masih tetap bisa dilakukan, tentunya dengan durasi dan intensitas yang lebih ringan.

Namun Diah menegaskan, meskipun berpuasa, seseorang dengan obesitas tetap harus mengendalikan pola makan saat sahur dan berbuka. Jangan sampai balas dendam makan makanan melimpah saat berbuka dan sahur.

"Orang obesitas maupun yang tidak obesitas, dilarang keras balas dendam saat berbuka," ungkapnya.

Menurut Diah, berbuka harus tetap mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terukur. Pengendalian nafsu sangat penting dalam hal ini. "Ingat ya, berhentilah makan sebelum kenyang," tukasnya.

Obesitas juga erat dengan penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, dan lainnya. Diah menjelaskan bagi penderita penyakit degeneratif boleh tidaknya berpuasa harusdi konsultasikan pada dokter dan ahli gizi, karena sifatnya individual.

"Bagi yang tidak memerlukan obat, maka puasa masih bisa dilakukan dan kadang dianjurkan," tandasnya. (cr1/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.