Minum Wine Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Ulasan baru mengungkapkan, minum segelas kecil wine atau anggur bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan ulasan terhadap 119 penelitian, yang melibatkan 12 juta wanita.  Ditemukan bahwa segelas anggur setiap hari meningkatkan risiko kanker payudara pra-menopause sebesar 5 persen dan kanker payudara pasca-menopause sebesar 9 persen.

Para penulis, dari World Cancer Research Fund, memperkirakan sekitar 12.000 kasus kanker payudara dapat dicegah di Inggris setiap tahun jika tidak ada yang minum alkohol.

Mereka mendasarkan perhitungan mereka pada konsumsi alkohol sehari. Kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi pada wanita di Inggris, dengan lebih dari 55.000 kasus baru dan 11.400 kematian setiap tahunnya.

’’Untuk membantu mencegah kanker payudara, salah satu langkah terpenting yang dapat dilakukan wanita adalah tidak minum alkohol atau mengurangi jumlah alkohol yang mereka minum,’’ ujar Dr Rachel Thompson, dari World Cancer Research Fund.

Tidak kalah penting, juga menjaga berat badan yang sehat dan berolahraga dengan rutin. Tapi Carolyn Rogers, daril Breast Cancer Care menambahkan sebenarnya gaya hidup perempuan sekarang sangat beragam, tidak bisa digeneralisir melihat satu gaya hidup yang seolah-olah mewakili semuanya.

’’Intinya, hubungan antara minum alkohol dan peningkatan risiko terkena kanker payudara tidak dapat diabaikan, tapi mengurangi jumlah konsumsi wine bukan jaminan anda terhindari dari kanker payudara,’’ paparnya. Menurutnya, risiko terbesar menjadi pengidap kanker payudara adalah usia perempuan yang bertambah tua. (dailymail/ina/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.