Ini Asupan Penting untuk Bumil

Asupan menjadi hal penting untuk ibu hamil. Pakar gizi Lailatul Muniroh mengatakan salah satu yang penting adalah makanan yang mengandung asam folat. Perlu diketahui, vitamin yang mengandung asam folat bisa meningkatkan nafsu makan adalah mitos. ’’Lagipula, kalau niat hamil dan nafsu makan meningkat apa salahnya?. Ibu hamil membutuhkan jauh lebih banyak asupan sehari-harinya,’’ ucapnya.

Yang harus dipahami, tidak harus dalam bentuk suplemen. Laila lebih menyarankan bumil mengonsumsinya dalam bentuk yang alami. Untuk asam folat, bisa diperoleh dari semua sayuran berwarna hijau. Misalnya seperti brokoli, bayam, dan kandung. Yang hewani bisa diperolah dari hati ayam.

Pada dasarnya, bila sehari-harinya bumil sudah mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Maka asam folat dan kalsium sudah terpenuhi secara langsung. Berbeda lagi dengan perempuan yang tidak seberapa menyukai sayur. Artinya, sebelum menikah dia harus belajar makan sayur.

Laila percaya, banyak perempuan yang semula tidak menyukai sayur. Namun setelah hamil, mereka paham hal ini untuk kebaikan anak mereka kelak. Akhirnya para bumil pun rutin mengkonsumsi sayur.

Dan bila memang benar-benar tidak bisa. Laila baru menyarankan para bumil mengkonsumsi ekstrak dari sayuran yang dikeringkan dan dikemas dalam bentuk suplemen. ’’Intinya, baik dalam bentuk suplemen atau alami, baik di konsumsi, pasca hubungan intim pertama harus segera mengkonsumsi asam folat dan kalsium. Siapa tau langsung jadi janin,’’ tegasnya.

Serta kalsium, seperti biasa para bumil bisa mendapatkannya pada semua jenis susu. Tidak perlu terpatok pada susu khusus ibu hamil karena kandungan kalsiumnya sama saja. Satu kapsul suplemen dan satu gelas susu tersebut bisa dikonsumsi bumil sekali dalam seharinya. (ina/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.