Ini yang Terjadi Bila Hobi Menggunakan High Heels

Tampilan modis atau tidak, ditentukan oleh sepatu. Kalimat tersebut kadang disalah artikan sebagai keharusan menggunakan high heels supaya terlihat modis. Padahal, pemakaian high heels rupanya juga berdampak pada kesehatan tulang belakang. Bisa dibilang ini merupakan efek jangka panjang. Berakibat spondylolisthesis atau kondisi tulang belakang yang abnormal.

Prosesnya, saat memakai high heels. Secara tidak langsung akan memberikan tekanan pada tulang belakang. Tekanan itulah yang membuat salah satu atau beberapa ruas tulang belakang maju. Pergeseran tersebut menciderai saraf dan jaringan saraf disekitarnya. Itulah yang membuat pasiennya merasakan nyeri.

Bila setelah melakukan pemeriksaan foto roentgen, diketahui prosentase kemiringan lebih dari 50 persen, maka dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi. Stephanus mengatakan, gejala penyakit ini adalah nyeri daerah punggung yang memberat saat penderitanya berdiri, menekukkan tubuh kebelakang, dan mencondongkan tubuh ke depan.

Untuk mencegah efek samping pada tulang, Nita menyarankan seseorang yang hobi memakai high heels sering mengistirahatkan kaki dan tubuhnya. ’’Jadi tidak lebih dari tiga jam beraktivitas memakai high heels diatas 7 sentimeter,’’ tegasnya. (ina/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.