Ini Risiko Fatal Bila Kamu Kurang Tidur

Tidak bisa memenuhi jam tidur normal delapan jam sehari punya risiko yang fatal. Sebuah studi menemukan bahwa tidur kurang dari enam jam semalam dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi pada orang dengan sindrom metabolik (kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas).

Riset yang diterbitkan oleh Journal of the American Heart Association tersebut mengungkapkan, efek kurang tidur sangat kuat pada tekanan darah tinggi atau metabolisme glukosa yang buruk.

Penelitian ini menjadi yang pertama mengukur durasi tidur di laboratorium daripada mengandalkan laporan pasien, dan juga yang pertama meneliti dampak durasi tidur terhadap risiko kematian. Para peneliti secara acak memilih 1.344 orang dewasa dengan usia rata-rata 49 orang yang mau menghabiskan satu malam tidur di laboratorium. ’’Hasilnya, selama diamati 16,6 tahun lamanya, 22 persen peserta meninggal dunia,’’ papar Michele Bellesi, ketua tim penulis riset.

Mereka meninggal karena di samping mempunyai faktor risiko sindrom metabolik, juga karena mempunyai jam tidur kurang dari enam jam. Otak yang kekurangan tidur menunjukkan tanda-tanda aktivitas pemicu yang menyebabkan Alzheimer. Selain itu, memiliki jam tidur yang kurang bisa membuat orang berisiko terkena penyakit jantung. (dailymail/ina/JPG).
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.