Wajib Tahu! Ini 5 Kebiasaan yang Mengundang Kanker Serviks

Saat ini semakin banyak perempuan yang khawatir dengan risiko kanker serviks, kanker pembunuh yang mematikan. Apalagi pascameninggalnya artis Julia Perez atau Jupe, membuat seseorang mulai menyadari bahayanya yang fatal.

Karena itu, penting bagi siapapun untuk memperbanyak informasi seputar kanker serviks.

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Selasa (13/6), ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang perempuan terkena kanker serviks. Di antaranya adalah faktor risiko kanker serviks dari gaya hidup dan dari faktor genetik. Berikut pemaparannya:

1. Riwayat Seksual

Banyak jenis kegiatan seksual yang berkaitan dengan kanker serviks dan infeksi virus HPV. Contohnya seks sebelum usia 18 tahun, seks dengan banyak pasangan, dan seks dengan seseorang yang pernah memiliki banyak pasangan.

2  Merokok

Ketika seseorang merokok, dia dan orang di sekitarnya terpapar banyak bahan kimia penyebab kanker yang memengaruhi organ selain paru-paru. Molekul berbahaya ini diserap melalui paru-paru dan dibawa dalam pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Perempuan yang merokok dua kali lebih beresiko terkena kanker serviks daripada perempuan bukan perokok. Para ilmuwan percaya bahwa zat-zat ini dapat merusak DNA sel-sel serviks dan berkontribusi terhadap pertumbuhan kanker serviks.

3. Penggunaan Pil KB

Perempuan yang pernah menggunakan obat kontrasepsi oral seperti pil KB selama lebih dari lima tahun mengalami peningkatan risiko untuk terpapar kanker serviks, tetapi risiko ini kembali normal dalam beberapa tahun setelah berhenti menggunakan pil.

4. Diet

Orang-orang yang dietnya tidak mencakup buah-buahan dan sayuran akan lebih berisiko untuk kanker serviks.

5. Faktor Genetik

Riwayat keluarga. Perempuan yang memiliki saudara perempuan atau ibu yang pernah terkena kanker serviks dua atau tiga kali lebih beresiko untuk terkena kanker serviks. (cr1/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.