JK:Full Day School Tak Bisa Diterapkan Secara Nasional Ini Alasannya..

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan penerapan full day school itu tidak bisa begitu saja diterapkan secara nasional. Sebab, ada banyak kendala dalam penerapannya mulai dari sistem hingga logistik.

"Yang paling penting logistiknya," tegas JK di Jakarta Selasa (13/6).

Logistik itu berkaitan erat dengan kebutuhan makan untuk siswa dan guru. Khususnya pada saat makan siang. Karena dalam full day school itu siswa harus berada di sekolah sampai sore. "Dimana makannya anak-anak ini kan," imbuhnya.
Menurutnya, perkara makan siang itu memang tidak akan menjadi masalah untuk sekolah-sekolah yang ada di kota. Sekolah biasanya punya fasilitas berupa kantin yang cukup memadai. Tapi, berbeda halnya dengan di desa.

Oleh karena itu, JK mempertanyakan perihal tempat makan untuk anak-anak. Misalnya perlu tidaknya dan siapa yang bertanggung jawab membuat kantin atau dapur di sekolah.

"Ada gak ruang makannya? Itu yang paling sederhana," tegasnya.

Dia menegaskan perlu evaluasi menyeluruh terlebih dahulu kebijakan full day school saat hendak diberlakukan secara menyeluruh. Dia yakin tidak semua sekolah bisa menjalankan kebijakan tersebut. "Jadi tidak bisa dilakukan secara umum dulu, nanti secara bertahap," kata dia. (Jun/jpk/jpg)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.