Gelar PPDB Online, Disdik Buka Konter Tambahan

Tahun ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru di semua tingkatan sekolah secara online.

Dengan metode PPBD online ini, orang tua dapat mendaftarkan anaknya melalui smartphone. Tapi bagi orang tua yang tidak bisa mendaftar lewat smartphone android, bakal dibantu mendaftar lewat konter yang disediakan di kantor Disdik.  "Selain di sekolah, orang tua juga bisa mendaftarkan anaknya di kantor kami," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.

Penambahan tempat pendaftaran ini sebagai salah satu antisipasi bagi orangtua yang tidak bisa mendaftar melalui telepon pintar. "Kan tidak semua punya android, jadi ini upaya kami dalam membantu," ujarnya.

Penambahan konter ini juga dimaksudkan untuk menghindari pendaftaran manual. Karena itu, sekolah juga menyiapkan empat komputer untuk membantu orangtua yang mendaftar.

"Cuma ya harus bersabar, jangan sampai nanti ada yang mengeluh ngantre dari pagi, tapi tidak dilayani. Karena digunakan bersama- sama jadi harap sabar," imbau pria 59 tahun ini.

Muslim mengungkapkan adanya sistem online ini bertujuan untuk memberikan kemudahan, namun jika di lapangan masih banyak orangtua yang masih kurang mengerti atau bahkan awam terhadap teknologi, dia mengaku bearti sistem ini belum sukses. "Kita kan mencoba menjadi lebih baik, bila responnya begitu bearti kita perlu usaha yang lebih keras lagi ke depannya," imbuhnya.

Kepala sekolah SMPN 3 Batam Wiwik Darwiyanti mengatakan, pihaknya menyediakan empat komputer untuk membantu orangtua dalam PPDB. Orang tua yang tidak bisa mendaftar online bisa mengambil nomor antrean untuk mendapatkan bantuan.

"Jika ramai yang ingin mendaftarkan anaknya di sekolah, kami sediakan antrean biar tertib, tapi kami menyarankan orang tua sebaiknya mendaftar melalui telepon pintar," harapnya.

Dia menambahkan, sekolah juga telah menginformasikan melalui pesan singkat atau media online tata cara mendaftar online. "Jadi seperti pesan berantai informasinya. Alhamdulillah sejauh ini sudah banyak orangtua yang memberikan respon bagus terhadap PPDB online ini," ucapnya.

Dia berharap, PPDB nanti bisa berjalan lancar, karena PPBD dibuka saat bulan Ramadan. PPDB akan dibukan 5-7 Juni nanti, setelah itu siswa memgikuti tes tertulis pada 8 Juni, dan hasilnya diumumkan 10 Juni. "Siswa yang berhasil lulus bisa mendaftar ulang pada tanggal 12 dan 13 Juni," sebut perempuan berkacamata ini.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Batam telah meluncurkan website PPDB tahun ajaran 2017/2018. Orangtua bisa mengakses melalui  melalui website resmi disdik Batam http://disdik.batam.go.id atau di https://ppdbbatam.id. atau bisa juga mendownload melalui aplikasi playstore di telepon pintar.  (cr17/iil/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.