Cara Jitu Melahirkan tanpa Rasa Sakit

Melahirkan tanpa rasa sakit, selama ini banyak ditempuh para bumil dengan operasi sesar. Padahal, ada satu cara melahirkan normal tanpa nyeri yang belum banyak diketahui perempuan, namanya adalah painless labor.

Spesialis kebidanan dan kandungan dr Ernawati Darmawan SpOG, metode ini menjadi referensi bagi mereka yang tetap ingin melahirkan secara normal, yakni lewat vagina. ’’Tapi harus melibatkan dokter spesialis anastesi. Karena metode ini memblok saraf sensorif menggunakan bius. Sehingga pasien tidak merasakan nyeri sama sekali,’’ papar dokter yang juga berdinas di RSUD dr Soetomo tersebut.

Secara singkat, dokter yang akrab disapa Erna tersebut menjelaskan tahap persalinan normal dengan painless labor. Dokter spesialis kandungan, tetap berperan membantu persalinan saat mendekati pembukaan akhir. Peran pertama dijalankan oleh spesialis anastesi untuk memberikan injeksi di bagian punggung tersebut.

Selama persalinan menggunakan painless labor, pasien bakal terus dipandu oleh tenaga medis untuk mengingatkan bahwa mereka harus terus mengejan. Bila tidak diingatkan, karena tidak merasakan nyeri, bumil bisa lupa mengejan. Dalam jangka panjang, janin bisa mengalami fetal distress atau kondisi janin yang memburuk saat persalinan berlangsung. Dan bila kemungkinan terburuk terjadi, dokter akan segera melakukan operasi caesar untuk menyelamatkan nyawa ibu dan janin.

Satu hal yang tidak kalah penting, bila seorang bumil sudah niat menggunakan painless labor, bumil harus proaktif berkoordinasi dengan spesialis kandungan dan spesialis anastesi. Untuk melakukan persiapan dan memilih tempat bersalin yang menyediakan peralatan painless labor. ’’Persiapannya sedikit lebih banyak, tapi sangat pantas untuk persalinan yang tidak merasakan nyeri,’’ tegasnya. (ina/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.