Energen dan IDI Edukasi Sarapan Sehat

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Mayora Nutrition (Energen) menandatangani kesepakatan kerjasama untuk mengedukasi masyarakat tentang sarapan sehat yang bergizi. Kedua institusi berkomitmen penuh dalam melakukan upaya upaya edukasi dan peningkatan  kesadaran masyarakat  akan pentingnya sarapan di pagi hari.

Berdasar hasil survei, sebanyak 44,6 persen anak usia SD di Indonesia mengkonsumsi  sarapan dengan asupan energi kurang dari 15 persen kebutuhan harian. Sebagian besar anak usia sekolahdi Indonesia menu sarapannya kekurangan serat dan zat gizi mikro (kalsium, besi, dan vitamin A).

Hal tersebut patut  dicermati  mengingat  sarapan  berperan  penting  bagi  pertumbuhan  anak  dan daya konsentrasi mereka di sekolah dalam mencerna pelajaran sehari-hari. Oleh sebab itu, Ikatan Dokter Indonesia  bersama Mayora Nutrition melalui Energen mencanangkan pesan kesehatan.

Sarapan  sehat  plus  susu  dan  sereal bisa untuk mencukupi kebutuhan kalori dan nutrisi aktifitas sehari-hari. Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia Dr. Ulul Albab SpOG mengungkapkan, terdapat hubungan nyata antara kebiasaan  sarapan dengan kadar glukosa darah anak usia sekolah.

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi otak dan tubuh. Apabila seseorang melewatkan sarapan, hal itu akan menyebabkan tubuh kekurangan glukosa atau kadar glukosa di bawah normal  (hipoglikemia),  pusing,  gemetar,  lelah, dan sulit berkonsentrasi. ”Akibatnya, gairah belajar akan turun, kecepatan reaksi menurun, serta kesulitan menerima pelajaran dengan baik. Dalam jangka   panjang, hal ini dapat menghambat pertumbuhan,” kata Ulul.

Untuk itu, setiap  anak perlu membiasakan  diri sarapan yang sehat dan bergizi. Sarapan sehat yang mengandung berbagai gizi yang diperlukan oleh tubuh. Seperti, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral,  sehingga  mampu  memberikan kontribusi gizi dan energi yang optimal.

Marketing Manager PT Mayora Nutrition (Energen) Noegroho Moeshartanto mengungkapkan, Mayora Nutrition melalui merek Energen dan IDI memiliki kepedulian yang sama atas nutrisi yangdiperlukan oleh tubuh manusia saat sarapan. Melalui produk Energen yang mengandung nutrisi tinggi, PT Mayora Nutrition ingin menjawab permasalahan kekurangan asupan nutrisi yang masih banyakdialami oleh anak-anak Indonesia.

”Bersama dengan IDI, kami ingin menciptakan generasi Indonesia yang   cerdas, sehat, dan aktif,” kata Noegroho.

Produk  Energen  mengandung  susu,  sereal,  telur,  sigmavit  (vitamin  A,  B1,  B2,  B6,  B12,  D,  E, Kalsium), dan mineral. Kandungan yang terkandung di dalam Energen lebih dari susu, lebih padatkarena  juga mengandung  sereal,  serta lebih bernutrisi  dari telur dan multivitamin.

Produk Energen memenuhi syarat komposisi dari sebuah sarapan sehat. Energen dapat membuat anak Indonesialebih kenyang dan bertenaga serta optimal dalam berkonsentrasi di sekolah dan beraktifitas sehari-hari.

“Kami sadar bahwa   untuk   membangun   kesadaran   masyarakat   tentang   pentingnya   sarapan   sehat tentunya membutuhkan proses dan harus terus dilaksanakan secara konsisten, berkesinambungan denganmenggandeng banyak  pihak yang memiliki  kepedulian sama,’’ lanjut Noegroho.

Sebagai  salah  satu  bukti  komitmennya,  Energen  akan  mendukung  program  IDI ’’Baktiku Bagi Anak Indonesia – Dokter Kecil Award 2017’’ sebagai sponsor utama. Program Dokter Kecil  Nasional itu hadir di 33 provinsi di Indonesia, Energen akan mengajarkan konsep sarapan sehat dan para dokter  kecil akan  membantu  menyebarkan informasi tersebut ke rekan-rekannya di masing-masing daerah. (swn/wir).
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.