Ramainya Hari Indonesia di Polandia

Antusiasme masyarakat Polandia terlihat sekali pada Dni Indonezyskie atau Hari Indonesia yang diadakan di Warsaw, Polandia pada Jumat-Sabtu (26-27/5).

Acara yang terselenggara berkat kerjasama antara Adam Mickiewicz University, Muzeum Narodowe w Poznaniu, Indonesian Diaspora Network in Poland, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Polandia, dan Kedutaan Besar Indonesia di Warsaw tersebut bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada penduduk setempat.

Ketua PPI Polandia Muhammad Syukron mengatakan, antusiasme peserta bisa dilihat dari banyak peserta yang rela berdiri untuk mengikuti acara ini dari awal hingga akhir.
Terdapat beberapa rangkaian acara mulai dari penampilan mahasiswa asal Polandia yang menyanyikan beberapa lagu Indonesia, praktik proses pembuatan batik, atraksi pencak silat serta penampilan tari dari mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Polandia. ’’Kami juga mengadakan seminar mengenai Bahasa Indonesia,’’ papar laki-laki asal Pasuruan, Jawa Timur tersebut.

Para peserta sangat tertarik dengan bahasa Indonesia mengingat kemudahan dari struktur bahasa dibandingkan dengan bahasa Polandia. Bahkan ada beberapa peserta yang secara spontan mengucapkan “terima kasih” dengan lancar kepada Pratiwi, salah satu mahasiswa Indonesia di Polandia.

Adapun di akhir acara, terdapat acara berupa pertunjukkan makanan dari Indonesia. Para peserta langsung antri panjang untuk tidak sabar ingin mencoba kuliner khas Indonesia seperti: sate, bakwan serta nasi kuning. Dalam sekejap deretan makanan yang disediakan, langsung ludes di santap para peserta.

Teija Gumilar, salah satu dosen di Adam Mickiewicz University, berharap agar kegiatan ini mampu menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Polandia. "Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dari rekan-rekan mahasiswa Indonesia yang ikut serta dalam menyukseskan acara ini, " kata beliau yang juga menjadi Dewan Pembina PPI Polandia. (ina/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.