Sumarman 33 Tahun Mendidik Siswa Tunarungu, Gerak Serempak Berirama


Agar lebih mudah mentransfer pengetahuan kepada peserta didik, Sumarman mengemasnya dengan irama. Alumnus S-2 jurusan bahasa dan sastra Indonesia Unesa itu menyebutkan, mengajarkan SIBI kepada siswa tunarungu lebih mudah dengan nyanyian. Siswa pun lebih mudah memahami.

’’Belajar isyarat dengan nyanyi Indonesia Raya,’’ katanya. Demikian juga dengan lagu-lagu lain. ’’Antara gerakan tangan dan mulut harus sama, kompak, komunikasi serempak,’’ tambahnya.

Komunikasi serempak itu disampaikan Sumarman ketika mengisi materi atau workshop. Baik di depan para guru maupun di hadapan mahasiswa jurusan pendidikan luar biasa (PLB). ’’Mengajarkan bahasa isyarat untuk mahasiswa S-1 dan S-2, menyanyikan dengan isyarat,’’ ungkapnya.
Di SMPLB-B Karya Mulia, Sumarman memfasilifasi siswanya dengan beragam ekstrakurikuler. Salah satunya, cheerleader yang menorehkan prestasi. Saat berlatih ada irama dan kode tertentu yang membuat anak mudah memahami.

Kini Sumarman masih mengabdi di sekolah yang membesarkan namanya itu. Dengan mengajar para siswa tunarungu di SMPLB-B Karya Mulia, dia bisa mengamalkan dan membagi pengetahuannya kepada banyak orang. Bukan hanya kepada siswanya, tetapi juga banyak orang mulai Aceh hingga Papua. (puj/c15/nda/sep/JPG)

SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.