5 Kiat Persiapkan Tubuh Sambut Ibadah Puasa

Dua pekan lagi, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Saum erat kaitannya dengan asupan gizi dan sistem metabolisme tubuh.

Puasa artinya menahan. Bukan hanya menahan diri dari makanan dan minuman selama 14 jam dari imsak hingga Magrib namun juga memurnikan jiwa dengan menahan hawa nafsu dan melatih diri disiplin.

Salah satu manfaat dari puasa adalah sebagai pengingat untuk belajar berempati pada mereka yang kelaparan di setiap hari. Karena itu dengan berpuasa, manusia diajarkan bersyukur bisa memeroleh air bersih, makanan sehat, rumah berlindung, dan tubuh yang sehat.

Mendekati momen puasa, mulai saat ini cobalah melatih diri dengan berbagai cara agar saat berpuasa di tahap awal tidak merasa lemas. Kebiasaan makan dan minum yang melimpah selama satu tahun harus ditahan selama satu bulan. Ada lima tips versi memersiapkan diri saat berpuasa dari Ahli Gizi dan Nutrisi Nofika Aisyah, Jumat (12/5).

1. Latih Tubuh
Siapkan dan latih tubuh 1-2 minggu sebelumnya dengan porsi makan sedikit lebih teratur.

2. Durasi Makan Minum
Agar sistem tubuh tidak kaget saat memulai puasa, coba mulai tingkatkan durasi untuk menahan diri tidak makan dan minum minuman manis. Namun tetap dalam sehari konsumsi 8 gelas air.

3. Tahan Ngemil
Sepekan menjelang puasa mulailah dengan menahan diri untuk mengemil (snacking time). Apalagi saat menemukan kue-kue basah dengan rasa dan warna yang menggoda.

4. Tetap Sibuk
Tetap membuat diri sibuk sehingga tidak terlalu memikirkan tentang makanan. Olahraga juga harus mulai lebih rajin agar tubuh tetap bugar saat berpuasa nanti.

5. Gizi Seimbang
Mulailah membuat porsi yang tepat dalam setiap piring makan. Tentu dengan variasi buah dan sayur. (cr1/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.