Selain Listrik Kedondong, Lemon Pun Bica Charging Ponsel

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengapresiasi temuan listrik dari pohon kedondong oleh Naufal Raziq. Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Eniya L Dewi berharap, Naufal mengidupkan gairah riset di kalangan anak-anak.

Dia menjelaskan inisiatif riset oleh Naufal sangat positif. Apalagi Naufal masih SMP dan berasal dari daerah. "Bakat dan minat Naufal ini harus dikawal dan dikembangkan," katanya di kantor BPPT, Jakarta (29/5).

Menurutnya yang dilakukan Naufal itu adalah pembuktian teori baterai Volta atau Daniel cell. Eniya mengatakan pada dasarnya semua makanan dan minuman yang mengandung asam dapat menjadi sumber energi baterai. Yang perlu jadi perhatian adalah, bagaimana kemampuan dalam menghasilkan kekuatan arus listrik yang tahan lama dan stabil.

"Sehingga dapat menjadi sumber listrik yang mumpuni dan dapat digunakan sehari-hari," katanya di kantor BPPT (29/5).

Dia mengatakan percobaan dengan buah lemon, juga bisa menghasilkan listrik. Tetapi diperlukan 16.500 biji buah lemon untuk bisa men-charge ponsel sebesar 500 mA atau 0,5 A.

Eniya berharap riset di bidang energy storage ke depan semakin maju. Diantaranya adalah baterai jenis oksigen dengan berbagai macam logam. Atau biasa disebut dengan istilah Metak-Air Battery. Baterai jenis ini memiliki keunggulan kerapatan energi tinggi. (wan/JPK)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.