Bunda, Begini Lho Cara Memilih Makanan Pendamping ASI yang Tepat

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) diberikan saat bayi sudah berusia enam bulan. Saat itu, bayi sudah melewati masa pemberian ASI eksklusif.

Namun pemberian MP-ASI juga tak boleh sembarangan. Sebab, harus diperhatikan juga kandungan nutrisi yang diperlukan buah hati.

Masa 1000 hari kelahiran pertama merupakan masa keemasan (Golden Age) bagi buah hati. Di tahap ini, menjadi masa dengan pertumbuhan otak berkembang sangat cepat.

Berangkat dari hal itu, Produk Milna turut mendukung program organisasi kesehatan dunia WHO dalam rangka memenuhi Recommendation Action selama Golden Age.

"Anak usia 6 bulan harus diberikan MP-ASI yang tepat dan cocok. Meskipun lambungnya kecil tetapi buah hati membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh dan beraktivitas,” tegas Dokter Spesialis Anak Bidang Nutrisi dan Penyakit Metabolik RFHS FK Universitas Padjajaran Julistio Djais, dr., SpA(K), Mkes, dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/5).

Julistio menjelaskan, memilih sumber bahan makanan untuk MP-ASI saat ini bisa dari bahan makanan yang diproduksi oleh pertanian organik. Karena pengolahan bahan makan tersebut, lanjutnya, membatasi penggunaan zat-zat sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia.

“Begitu juga untuk bahan makanan dari ternak, di mana penggunaan antibiotika dan hormon pertumbuhannya diawasi. Paparan zat-zat negatif terhadap bahan pangan organik, sangat minimal, sehingga kualitas bahan pangannya meningkat,” tegasnya.

Salah satu MP-ASI terbaik adalah buah pisang. Sebab, pisang memiliki kandungan kalium, serat, kalsium, magnesium, fosfor, selenium, dan zat besi. Pisang juga kaya akan vitamin A, B2, B6, C, E, B3, B9, dan B5 yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

"Kandungan karbohidrat dalam pisang berupa sukrosa, fruktosa, dan glukosa merupakan karbohidrat sederhana yang cepat diubah menjadi energi. Cocok untuk bayi yang membutuhkan energi banyak untuk pertumbuhannya," jelas Julistio.

Artis dan Duta Produk Milna (Brand Ambassador) Milna 2017, Tya Ariestya mengungkapkan pengalaman pertamanya pada buah hatinya, Muhammad Kanaka Ratinggang.

Momen makan pertama bagi anak, kata dia bagi Tya begitu penting.

“Selain karena ini adalah momen makan pertama Kanaka, ini juga menjadi momen bagi kami untuk lebih mempersiapkan kebutuhan gizinya.

Hal itu tidak hanya banyak memberikan manfaat dari segi edukasi nutrisi, tetapi juga memberikan wawasan mengenai MP-ASI fortifikasi dan manfaatnya untuk tumbuh kembang anak,” jelas Tya.(cr1/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.