Ternyata, Kebutuhan Minum Air Setiap Orang Berbeda

Minum air putih merupakan cairan yang paling baik bagi tubuh. Tak ada zat gula atau kandungan kimia lainnya. Cukup minum air sangat baik bagi fungsi organ tubuh salah satunya ginjal. Kebutuhan minum air seseorang berbeda sesuai dengan usia dan jenis kelamin.

Air berfungsi sebagai pelarut dan alat angkut, fasilitator pertumbuhan, berperan sebagai zat pembangun, pengatur suhu, dan peredam benturan. Air merupakan 55-60 persen dari berat badan manusia dewasa.

Data Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS., MSc., Sp.GK(K), kadar air jauh lebih besar pada saat lahir yaitu 75 persen dan pada usia tua hanya sekitar 50 persen.

Kandungan air dalam tubuh relatif berbeda, tergantung proporsi jaringan otot dan lemak. Lebih banyak otot maka lebih banyak air dalam tubuh. Kebutuhan air juga berbeda sesuai dengan usia dan jenis kelamin, berikut datanya, Kamis (11/5).

Usia 7-11 bulan memerlukan 800ml air

Usia 1-3 tahun memerlukan 1200ml air

Usia 4-6 tahun memerlukan 1500ml air

Usia 7-9 tahun memerlukan 1900ml air

Usia dewasa memerlukan 2100-2600ml

Kondisi ibu hamil, menyusui dan sakit juga akan lebih mengalami peningkatan kebutuhan air.

Usia lansia (di atas 65 tahun), kebutuhan air menurun tidak hanya berdasar usia tetapi juga berdasar jenis kelamin, tidak hanya dari air putih dan minuman lainnya tetapi juga dari makanan. (cr1/JPG)
SUMBER : jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.