Bisa Bedakan Padi dan Rumput, Ini Kecanggihan Satelit Lapan A3/IPB

Misi khusus diemban satelit yang diberinama Lapan A3/IPB yang resmi diluncurkan ke orbit pada Rabu (22/6) oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Satelit buatan peneliti dan perekaya Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) itu punya misi untuk pemantauan wilayah maritim dan lahan pertanian. Satelit Lapan A3/IPB yang berkuran tak lebih besar dari televisi 32 inch itu memang dilengkapi dengan kamera yang punya resolusi tinggi.

Dengan setting khusus, kamera itu bisa mengenali gambar dari lahan pertanian. Gambar dari kamera itu bisa menggambarkan mana lahan yang ditumbuhi rumput dan mana lahan yang ditumbuhi padi.

Penelitian tentang pengamatan lahan pertanian itu secara khusus dikerjasamakan dengan IPB. Rektor IPB Prof Herry menyebutkan bahwa riset dan dukungan dana yang diberikan IPB untuk proyek itu sekitar Rp 2 miliar.

Mereka akan punya akses untuk seluruh data dari citra satelit di lahan pertanian itu. ”Pengawasan seluruh lahan pertanian akan semakin akurat lagi,” ujar Herry.

Satelit Lapan A3/IPB itu meluncur dengan mulus bersama 19 satelit lain yang menumpang roket PSLV-C34 buatan India. Roket tersebut meluncur pada pukul 10.55 dan tiba diorbit 20 menit kemudian satelit itu masuk ke orbit.

Para peneliti Lapan akan segera mengatur satelit itu dari stasiun bumi di Pusat Teknologi Satelit di Rancabungur, Bogor.

Sementara itu, Ketua Lapan Thomas Djamaluddin menuturkan bahwa program mereka fokus pada pemantauan sumberdaya alam dan lingkungan. Salah satu fokus dari program itu adalah pembuatan sistem pemantauan maritim dan lahan.

”Sudah lama kami berikan layanan data suhu permukaan laut. Dan informasi itu sampai di dinas perikanan di daerah,” ujar Thomas. (jun/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.