Ajak Pelajar Hayati Ajaran Membaca R.A. Kartini


Membaca, membaca, membaca. Petuah pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini itulah yang dikutip Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat nonton bareng (nobar) film Kartini bersama ribuan pelajar SMA/SMK, Kamis (4/5) di Ciputra World XXI Premier Surabaya. Sedikitnya 1.722 perwakilan pelajar dan guru pendamping berkesempatan nobar bareng orang nomor dua di Jatim itu.
’’Membaca bukan hanya untuk kalangan pria. Namun, wanita juga berkewajiban membaca sebagàimana dalam Alquran yang menyebut iqro' yang memiliki makna bacalah,’’ tutur Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf. Atas dasar itu, semua umat baik laki-laki maupun  perempuan diwajibkan membaca.

Film dengan pemeran utama Dian Sastrowardoyo itu membuat pelajar terpukau. Sejumlah siswa bahkan larut dalam keharuan. Mereka seakan-akan terbawa alur cerita sampai tidak terasa meneteskan air mata.

Adanya film Kartini diharapkan lebih memacu generasi muda. Terutama semangat belajar dengan banyak membaca. Sehingga mereka kelak menggantikan posisi sebagai pemimpin negeri ini menjadi lebih maju.

’’Sosok  Kartini sudah dikenal sejak zaman penjajah Belanda. Dari Kartini itulah kebangkitan perempuan Indonesia mulai tumbuh  meskipum saat itu masih banyak tantangan,’’ terangnya.

Gus Ipul menambahkan, sebagian impian Kartini  dan cita citanya bagi kaum wanita Indonesia telah terwujud. Sebagai generasi muda penerus bangsa, seluruh kalangan wajib meningkatkan emansipasi perempuan Indonesia. (*/sep)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.