Tiap Sikat Gigi, Jangan Lupakan Lidah!


Semua orang tentu sepakat kebersihan gigi dan mulut adalah yang paling utama. Sakit gigi akan lebih sakit daripada sakit hati. Orang tua selalu mengajarkan anak untuk menyikat gigi dua kali setiap hari. Namun masalah gigi dan rongga mulut bisa saja terjadi sekalipun sudah rajin menyikat gigi. Rupanya kuncinya adalah pada lidah.

Mulai sekarang, setiap kali menyikat gigi seharusnya juga membersihkan bagian lidah. Hal itu untuk menghilangkan semua kelebihan lapisan putih yang terakumulasi di lidah. Selain menimbulkan masalah bau mulut, tidak menjaga kebersihan lidah juga bisa menyebabkan komplikasi kesehatan tertentu.

Ada lebih dari 700 spesies bakteri yang berbeda hidup di mulut. Ada yang sehat dan yang lainnya tidak. Jadi sangat penting untuk menjaga lidah tetap bersih. Boldsky, Jumat (21/4) melansir empat masalah yang akan terjadi pada rongga mulut dan lidah jika lidah tak dibersihkan.

Sulit Membedakan Rasa Makanan
Lapisan bakteri di lidah menjadi lebih padat saat tidak disikat, pada akhirnya membuat selera makan menjadi mati rasa.

Lidah Berubah Warna
Ini adalah kondisi di mana lidah berubah warna. Lidah bisa berubah warna akibat makanan seperti makanan dan minuman, yaitu kopi atay soda. Karena itu jangan lupa untuk menyikat bagian ini juga.

Infeksi Jamur
Meskipun infeksi jamur biasanya dikaitkan dengan organ genital, ternyata infeksi ini bisa memengaruhi mulut. Perhatikan di area pinggiran mulut akan terjadi jamur jika tak bersih saat menyikat gigi atau tidak menyikat lidah.

Penyakit Periodontal
Penumpukan bakteri di lidah bisa menyebar ke gigi dan gusi. Bila lidah tidak disikat, menyebabkan infeksi dan pembengkakan gusi, yang dikenal sebagai penyakit periodontal. (cr1/JPG)

SUMBER : jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.