“Planet 21” Cara Hotel Perangi Limbah Makanan


Niat menyelamatkan bumi dari pemanasan global juga dilakukan oleh dunia perhotelan. Gerakan positif bernama Planet 21 digagas seluruh hotel yang tergabung dalam grup AccorHotels. Caranya, dengan mengurangi limbah hotel.

AccorHotels, yang hadir di 1.700 kota di seluruh dunia, berkomitmen untuk mengembangkan pertanian perkotaan dan menanam 1.000 kebun sayur sampai 2020. Meskipun baru beberapa bulan sejak komitmen ini diumumkan, namun sudah lebih dari 500 kebun sayur berhasil ditanami di seluruh dunia.

Lebih dari 140 hotel yang telah menanam kebun sayur urban di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia. Salah satu contoh, di Fairmont Jakarta, tim kuliner hotel menanam beberapa jenis tanaman bumbu seperti mint, rosemary, lavender, dan thyme.

Tanaman-tanaman ini dirawat dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari sebagai bumbu masakan daging panggang sampai sebagai campuran untuk  minuman cocktail di bar hotel. 

Mercure Bali Sanur Resort juga menanam buah dan sayur, seperti tomat, terong, jamur, serta tanaman bumbu lokal, seperti bawang, jahe dan sebagainya sebagai tambahan bahan untuk dimasak di dapur hotel, dan juga sebagai media edukasi tentang proteksi lingkungan bagi para tamu.

“Dalam upaya memerangi limbah makanan, dukungan untuk pemanfaatan lahan, ataupun untuk memajukan transisi energi, kami menerapkan pendekatan “uji dan belajar” dan mencoba cara-cara baru dan cerdas yang akan membantu kami untuk lebih cepat mencapai tujuan,” kata Direktur Program Berkelanjutan dari AccorHotels, Arnaud Herrmann, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5).

Sebanyak 38 hotel di 13 negara sudah mengunakan solusi terkoneksi untuk memerangi limbah makanan di dapur dan restoran mereka. Inisiatif ini mengurangi hampir 60% limbah makanan di hotel-hotel percontohan. Total estimasi penghematan lebih dari Rp 7 miliar.

Pada akhir 2016 sebanyak 11 hotel secara aktif berpartisipasi dan menghasilkan 6,206 kg makanan yang mendukung 31,627 keluarga dari 16 kampung di Jakarta dan sekitar. Salah satu dari prioritas utama Planet 21 adalah bangunan netral karbon dan ramah lingkungan. Pada tahun 2016, AccorHotels telah mengurangi konsumsi energi sebesar 2,4% dan emisi CO² sebesar 3%.

“Hasil yang dicapai sangat membanggakan, karena dapat dicapai walaupun kondisi cuaca dunia tidak mendukung di tahun 2016 dibandingkan tahun 2015, dikarenakan permintaan penghangat dan penyejuk ruangan bertambah lebih dari 4%,” tutupnya. (cr1/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.