Minyak Kelapa Ampuh Usir Bakteri di Rongga Mulut

 
Gigi merupakan bagian penting dari organ tubuh manusia. Sejak dini kebiasaan rajin menyikat gigi harus menjadi budaya. Malas sikat gigi, maka akan menimbulkan masalah pada gigi dan rongga mulut. Boldsky, Jumat (21/4) melansir berbagai manfaat minyak kelapa yang telah terbukti efektif bagi kesehatan rongga mulut.

Berbagai penyakit bisa terjadi karena bersumber dari rongga mulut. Misalnya penyakit jantung, stroke, masalah pernapasan, dan tenggorokan. Minyak kelapa juga ampuh meredakan nyeri sariawan. Tidak diragukan lagi sifat minyak kelapa merupakan antibakteri.

Peluruhan gigi disebabkan oleh Streptococcus dan bakteri lain sehingga mengurangi tingkat pH mulut. Ini disebabkan seringnya mengonsumsi makanan manis dan menyebabkan keasaman yang demineralisasi pada gigi.

Pasta gigi komersial sarat dengan bahan kimia seperti sodium lauryl sulfate, fluoride, triclosan dan juga pemanis buatan seperti aspartame. Ada resep menyiapkan pasta gigi secara alami. Percaya atau tidak, minyak kelapa jadi solusinya.

Bahan-bahan :

½ gelas minyak kelapa
15-30 tetes minyak esensial seperti lemon dan mint
2-3 sendok makan baking soda

Cara Membuat:
Campur semua bahan menjadi satu lalu aduk rata. Maka pasta gigi dengan resep alami siap digunakan. Lalu gunakan pasta ini seperti menyikat gigi biasa. Selanjutnya, gunakan minyak kelapa saja untuk mengunyah mulut. Setelah menyikat gigi, ambil sedikit minyak kelapa dalam cangkir. Oleskan beberapa tetes minyak kelapa di mulut selama 20 menit lalu kumur.

Cara ini akan membersihkan bakteri yang ada di mulut. Untuk perlindungan maksimal, oleskan rongga mulut dengan minyak kelapa sebelum makan. (cr1/JPG)
SUMBER :jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.