Kulit Lemon Jangan Dibuang, Simak 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Lemon merupakan buah yang kaya vitamin C dan bermanfaat dalam setiap resep kuliner. Bukan hanya buahnya, ternyata kulit lemon juga bermanfaat bagi kesehatan.

Lemon memiliki gizi yang begitu kaya. Ini bermanfaat bagi kecantikan dan sering digunakan sebagai alat pembersih rumah tangga. Kulit lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci piring sebagai pengharum.

Kandungan kulit lemon di antaranya, mengandung vitamin C5 sampai 10 kali lebih banyak, vitamin A dan beta karoten daripada perasan lemon.

Berikut ini ada tujuh manfaat kulit lemon yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Minggu (23/4).

1. Lawan Sel Kanker


Kulit lemon mengandung flavonoid dan salvestrol Q40 yang membantu dalam melawan sel kanker. Dengan mengonsumsi kulit lemon, maka serangan kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar dan kanker kulit bisa dicegah.

2. Kurangi Kolesterol

Kulit lemon dapat mengurangi kolesterol secara alami. Kulit buah yang menakjubkan ini kaya flavonoid polifenol yang membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Tulang Sehat

Kulit lemon mengandung jumlah kalsium dan vitamin C tinggi. Sehingga dapat membantu memperbaiki kesehatan tulang.

4. Tingkatkan Fungsi Jantung

Kulit lemon kaya akan potasium yang dapat mengendalikan tekanan darah. Sehingga kulit lemon baik untuk meningkatkan fungsi jantung.

5. Jaga Kesehatan Mulut

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan masalah oral. Kulit lemon mengandung kalsium 5 sampai 10 kali lebih banyak daripada buahnya. Semua masalah terkait gigi seperti gusi berdarah, kudis dan radang gusi dapat disembuhkan dengan kulit lemon.

6. Atasi Masalah Kulit

Asam sitrat dan vitamin C dalam kulit lemon membantu memurnikan darah dan menyingkirkan kotoran dari sel kulit. Kulit lemon ampuh mencegah jerawat. Antioksidan di dalamnya dapat menjadi  detoksifikasi bagi kulit

7. Turunkan Berat Badan


Konsumsi rebusan kulit lemon dapat menjadi salah satu metode yang efektif. Pectin, salah satu unsur kulit lemon, membantu menurunkan berat badan. (cr1/JPG)

SUMBER : jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.