7 Alergen Pemicu Asma yang Harus Dihindari


Penyakit asma merupakan salah satu bentuk alergi. Ini bisa disebabkan oleh makanan atau minuman dan pernapasan. Biasanya jika orang tua mengalami alergi, bisa jadi anak juga akan mengalaminya.

Orang yang menderita asma memiliki paru-paru yang meradang. Dan terkadang, saluran udara membengkak dan otot-otot sekitarnya bisa menjadi sesak sehingga menyebabkan batuk, sesak di dada, bahkan masalah pernapasan.

Dilansir Boldsky, Senin (1/5), penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak jumlah pasien asma mengunjungi rumah sakit setelah terjadi badai petir. Alasannya bisa karena serbuk sari di udara. Selama badai, alergen di udara bisa meningkat dan menyebar ke mana-mana karena angin. Berikut ini 7 alergen yang harus dihindari karena bisa menjadi pemicu asma.

1. Binatang

Alergi yang bisa memicu asma meliputi serbuk sari, kecoak, jamur, bulu hewan dan tungau debu. Lebih baik menghindari paparan alergen tersebut jika menderita asma.

2. Olahraga

Beberapa orang menderita gejala asma saat berolahraga. Konsultasikan dengan dokter jika melihat gejala ini.

3. Stres

Serangan asma juga bisa dipicu oleh alasan sederhana seperti stres. Kecemasan bisa memperburuknya. Orang yang menderita asma mungkin perlu mengurangi stres.

4. Asap Rokok

Bahkan asap rokok pun tidak baik untuk penderita asma. Bau yang kuat, polusi di udara dan bahkan asap bisa menyebabkan iritasi.

5. Sinusitis

Dingin, sinusitis dan bahkan infeksi bakteri dan virus minor bisa memperburuk gejala asma.

6. Obat-obatan

Obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen juga bisa memicu gejala asma. Lebih baik menggunakan obat hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

7. Perubahan Musim

Perubahan musim dan iklim serta paparan udara dingin juga bisa membuat tubuh sulit untuk bernapas dengan baik. (cr1/JPG)

SUMBER : jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.