Ngeri! Ini Dia Penampakan Paru-paru Para Pecandu Rokok

Merokok merupakan tindakan yang tidak baik untuk kesehatan. Karena, merokok memang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, namun masih banyak yang sulit meninggalkan rokok.

Penyakit jantung, aterosklerosis, penyakit paru obstruktif kronik, impotensi, itu penyakit-penyakit yang diderita oleh kebanyakan perokok.

Paru-paru memang berhubungan khusus, rokok sudah diketahui dapat merusak organ vital satu-satunya yang kita gunakan untuk bernapas ini.

Penyakit paru obstruktif kronik misalnya, rokok dapat menyebabkan beberapa aliran darah terhalang sehingga penderita sulit bernapas.

Kondisi ini bisa menyebabkan sesak napas akibat rusaknya kantung udara (alveoli) serta batuk terus menerus selama tiga bulan (bronkitis kronis). Sekitar 80 persen kasus penyakit ini disebabkan rokok.

Ancaman terhadap paru lainnya adalah kanker paru yang 90 persen disebabkan oleh rokok. Kanker ini disebabkan asap rokok yang masuk secara inhalasi ke paru.

Melalui akun Facebooknya, dr. Djaja Surya Atmadja Sp.F, salah satu ahli forensik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, beberapa waktu lalu membagikan foto paru-paru itu secara jelas.

Penampakan paru-paru di foto tersebut begitu menyeramkan, karena kondisinya tidak seratus persen baik, karena terpapar sekian lama oleh asap rokok.

Di dalam paru-paru terdapat “noda-noda” kehitaman di berbagai sisi. Mirip tinta.

Noda bercak hitam atau pneumokoniosis biasanya terjadi karena masuknya debu dari berbagai sumber seperti batu, batu bara, tumbuhan, atau serat buatan.

Dr. Djaja mengatakan bahwa, tidak ada catatan pasti berapa lama pasien itu merokok.Umumnya orang tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan.

Karena, merokok memang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, penyakit paru obstruktif kronik, impotensi, serta setidaknya sembilan jenis kanker – terutama kanker paru.

Khusus yang berhubungan dengan paru-paru, rokok memang diketahui dapat merusak organ vital satu-satunya yang kita gunakan untuk bernapas ini.




sumber:pepo.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.