Aneh! Bawah Lautan Pasifik Dipenuhi dengan Salju

Seperti yang kalian semua tahu, salju pasti kita temui di daratan dan menutupi semua wilayah yang terkena salju, namun kini salju juga bisa ada di lautan.

Lah emang bisa salju ada di bawah laut?

Ets tapi kalian jangan heran, saljuyang ada di dalam lautan tersebut berbeda dengan salju yang ada di daratan.

Salju-saljuini sesungguhnya adalah limbah (kotoran) dari hewan serta tumbuhan yang mati serta membusuk yang ada di dekat permukaan laut.

Puing-puing biologis ini lalu jatuh ke dasar laut dan umum di kenal juga sebagai saljulaut (marine snow).

Bukan sekedar hewan serta tumbuhan saja yang mati, saljulaut juga termasuk juga kotoran, pasir, jelaga, serta debu anorganik yang lain.

Puing-puing biologis yang terjatuh ini tampak seperti butiran saljuputih.

Sebagian wisatawan serta ilmuwan yang terkagum atas peristiwa indah ini pernah mengabadikan kejadian ini di kamera underwater-nya.

Satu diantaranya adalah ilmuwan NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration). Mereka menyampaikan bahwa hujan salju laut ini akan berlangsung terus-menerus.

Kenyataannya saljuitu akan menyediakan makanan banyak untuk makhluk di dasar laut.

Diluar itu, saljulaut ini dapat juga menaruh karbon lewat cara mengurangi konsentrasi karbon di atmosfer bumi dan bisa mengurangi ancaman penambahan keasaman laut.

Partikel saljuyang besarnya lebih dari 0, 5 mm ini dapat dijumpai di kedalaman 3. 000 meter dibawah laut.

Di Indonesia, fenomena serupa dapat didapati di barat Samudra Pasifik bertempat di Laut Sulawesi yang dibatasi oleh kepulauan Sulu dan Pulau Mindanao.





sumber:pepo.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.