Bersejarah, Ini Dia Kuil di Jepang yang Dipenuhi dengan Lapisan Emas



Kuil Kinkakuji ini mungkin menjadi kuil termahal di dunia. Kuil yang juga disebut dengan Golden Pavilion ini merupakan kuil Zen yang berada di utara Kyoto, Jepang.

Kuil memiliki 2 lantai pada bangunannya, dan atap kuil dilapisi daun emas.

Melansir dari Japan Guide, Kuil ini dikenal sebagai Rokuonji, kuil tersebut merupakan villa bagi pensiunan shogun Ashikaga Yoshimitsu dan menurut kehendaknya, kuil pun menjadi kuil Zen sekte Rinzai setelah kematiannya pada 1408 silam.

Kinkakuji ini sebenarnya sudah menjadi inspirasi bagi kuil lainnya, yaitu Kuil Ginkakuji yang artinya Silver Pavilion.

Kuil tersebut dibangun oleh cucu Yoshimitsu, Ashikaga Yoshimasa di sisi lain kota beberapa decade berikutnya.

Keistimewaan Kinkakuji yang tidak dimiliki kuil lainnya, yaitu kuil ini menghadap ke sebuah kolam yang besar dan menjadi satu-satunya bangunan kuil yang masih berdiri dari bekas kompleks pensiunan Yoshimitsu.

Menurut catatan sejarah kuil Kinkakuji telah terbakar beberapa kali sepanjang sejarahnya, termasuk dua kali terbakar selama Perang Onin, perang sipil yang menghancurkan sebegian besar wilayah Kyoto, Jepang.

Pada 1950 pun kuil kabarnya pernah dibakar oleh biksu-biksu yang fanatik. Namun, struktur bangunan Kuil Kinkakuji telah dibangun kembali pada 1955.

Kuil Kinkakuji terdiri atas dua lantai. Setiap lantainya memiliki gaya arsitektur yang berbeda.

Lantai pertama dibangun dengan gaya Shinden, yang digunakan untuk bangunan istana selama periode Heian dengan pilar kayu alami dan dinding plester warna putihnya yang kontras.

Dinding kuil juga dilengkapi dengan cerita-cerita di atas paviliunnya yang disepuh. Ada juga patung Buddha Shaka dan Yoshimitsu yang bersejarah disimpan di lantai pertama.

Selain itu, lantai dua di kuil ini dipilih gaya Bukke yang digunakan sebagai tempat tinggal para samurai, dan eksteriornya benar-benar tertutup daun emas.

Berada di dalam lantai ini ada Bodhisattva Kannon yang duduk di kelilingi oleh pating-patung empat raja surgawi.

Namun, sayangnya patung tersebut tidak diperlihatkan ke pengunjung.





sumber:pepo.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.