Jangan Buang Cangkang Telur Guys, Ternyata Banyak Manfaatnya



Telur yang merupakan salah satu hidangan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan juga bahkan dunia. Telur juga merupakan makanan pokok dari semua kalangan.

Sebabtelur yang memiliki protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya isi telurnya saja, cangkang telur juga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Konsumsi telur yang meningkat setiap tahunnya membuat limbah telur meningkat juga. Pada tahun 2016 limbah cangkangtelur mencapai 3.556.560 ton per tahun. Namun tahukah Anda jika cangkangtelur memiliki manfaat bagi kesehatan kita?

Cangkangtelur mengandung 95% kalsium karbonat yang bermanfaat untuk tulang dan gigi. Kalsium diyakini dapat membantu mencegah osteoporosis dan juga digunakan untuk menyembuhkan sakit maag, gangguan pencernaan, dan sakit perut.

Cangkangtelur mengandung komposisi senyawa kimia, dimana cangkangtelur merupakan lapisan berkapur yang menyusun 9-12% dari berat telur total.

Cangkangtelur tersusun kira-kira 94% kalsium karbonat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfat, dan 4% bahan organik terutama protein. Selain itu, rerata dari cangkang telurmengandung 3% fosfor dan 3% terdiri atas magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi dan tembaga.

Setengah cangkangtelur bisa memberi Anda asupan harian yang disarankan. Tapi tunggu, kita tidak mengharapkan Anda mengonsumsi cangkang mentah atau makantelur rebus tanpa mengupasnya.

Sebagai gantinya ada alternatif lain bagaimana cara mengonsumsi cangkangtelur dengan benar, cangkang perlu diubah kedalam bubuk terlebih dahulu.

Pertama, cangkang dianjurkan agar direbus selama beberapa menit untuk membunuh bakteri dan kemudian dipanggang selama 10 menit di oven pada suhu 200 ° C.

Setelah dirasa cukup membunuh kuman, kemudian Anda bisa menggunakan penggiling kopi atau blender untuk mengubah cangkang menjadi butiran halus.

Butiran halus ini yang nantinya dapat ditambahkan ke smoothies atau sebagai asupan kalsium praktis, bisa juga ditaburkan pada makanan, seperti pizza dan pasta.




sumber:pepo.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.