7 Hal Menarik dan Penasaran Dibalik Megahnya Situs Gunung Padang Cianjur



Ada yang menarik di Kabupaten Cianjur. Ya, di daerah yang berjuluk Kota Santri itu terdapat salah satu situs prasejarah tertua di Dunia. Warga sekitar menyebutnya Situs Gunung Padang .

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat.

Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Ada beberapa hal unik dan menarik yang Kamu harus ketahui dibalik megahnya Situs Megalithikum Gunung Padang, diantaranya:

1. Lebih Tua dari Piramida Giza

Berbagai temuan tim terpadu penelitian mandiri Gunung Padang melakukan uji radiometrik karbon (carbon dating, C14).

Menariknya hasil uji karbon pada laboratorium Beta Miami, di Florida AS, menera bahwa karbon yang didapat dari pengeboran pada kedalaman 5 meter sampai dengan 12 meter berusia 14.500-25.000 tahun.

Itu membuktikan bangunan di bawah permukaan situs Gunung Padang terbukti secara ilmiah lebih tua dari Piramida Giza.

2.Nagara Siang Padang
Dahulu Situs Gunung Padang mempunyai nama lain yaitu Nagara Siang Padang yang artinya jika diurai kata per kata, Nagara berarti negara, Siang berarti kesiangan atau telat, atau penghujung, atau akhir.

Lalu Padang punya arti cahaya atau penerang.

3.Dikunjungi Tiga Presiden

Ada tiga Presiden Republik Indonesia yang pernah berkunjung ke Gunung Padang, mulai dari Presiden Sukarno, Presiden Soeharto, dan Presiden Megawati Soekarnoputri.

4. Teknologi di Zaman Dahulu

Melihat pahatan dan bentuk batu di Situs Gunung Padang, itu membuktikan adanya kemampuan teknologi hingga sosial budaya dari nenek moyang kita,

yang sudah jauh lebih modern dari catatan sejarah ilmu pengatahuan dan peradaban yang diyakini selama ini.

5.Tempat Prabu Siliwangi

Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi.

Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam[1].

Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat.[2] Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam.

6. Ada Alat Musik

Dalam situs gunung padang ditemukan alat musik yang berupa batu persegi panjang yang bergelombang pada bagian atasnya, jika setiap gelombang dipukul,

maka akan mengeluarkan bunyi yang berbeda antar gelombang satu dengan yang lain.

7. Sumur Cikahuripan

Yang menarik perhatian para pengunjung, segarnya air dari sumur Cikahuripan yang berarti air kehidupan juga memiliki daya tarik tersendiri.

Air dari sumur yang memiliki nama Banyu Susuk Tungga (banyu artinya air, susuk artinya menancap, tungga artinya satu) itu dipercayai dapat mengobati segala macam penyakit baik penyakit fisik maupun penyakit batin.




sumber:pepo.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.