Trump Memohon Rakyat Amerika Saksikan Pidato Kenegaraannya Via TV


 Presiden Amerika Serika (AS) Donald Trump mengumumkan momen baru Amerika saat ia menyampaikan pidato kenegaraan tahunan yang pertama di Kongres AS. Dalam pidatonya, Trump mengatakan, ia membuka tangannya kepada Partai Demokrat untuk bekerjasama.

Ia juga memerintahkan agar Kamp Tahanan Teluk Guantanamo tetap dibuka. Ini membalikkan perintah Obama yang meminta agar kamp tahanan yang kontroversial tersebut ditutup sebab banyak pelanggaran HAM. Di sana banyak tahanan teroris dunia dipenjara.

Menurut Trump, pemerintahnya membangun Amerika yang aman, kuat, dan bangga."Tidak pernah ada waktu yang lebih baik (selain sekarang) untuk mulai menjalani mimpi Amerika," katanya dalam pidato satu jam 20 menitnya seperti dilansir BBC, Rabu, (31/1).
AS

Ia memohon agar 40 juta rakyat Amerika menonton pidatonya via televisi dan dapat mendengarkan perintahnya. Ia memerintah rakyat Amerika berkumpul bersama sebagai satu tim, satu orang, dan satu keluarga Amerika.

Mengenai kebijakan luar negeri, Trump mencatat hampir semua wilayah di Syria dan Irak yang pernah dikuasai kelompok ISIS telah direbut kembali. "Kami akan terus berjuang sampai ISIS kalah," katanya.

Presiden AS yang telah membuat marah Demokrat dengan menarik perlindungan bagi imigran yang masuk ke AS secara ilegal sebagai anak-anak, akhirnya menawarkan kerja sama.

"Saya membuka tangan terbuka untuk bekerja dengan anggota kedua partai, Demokrat dan Republik, untuk melindungi warga negara kita, tanpa melihat latar belakang, warna kulit dan kepercayaan," kata Trump.

Namun Trump tetap bersikeras untuk membangun dinding perbatasan dengan Meksiko sebagai bagian dari kesepakatan imigrasi. Beberapa anggota Partai Demokrat mencemooh saat Trump menyatakan ia ingin membatasi bantuan bagi imigran legal untuk membawa anggota keluarganya ke negara tersebut.

Sejak ia menjabat, pasar saham telah melonjak dan tingkat pengangguran berada di level terendah 17 tahun karena AS pulih dari resesi satu dekade yang lalu.

sumber:jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.