Jadi Role Model Dunia, LPPOM MUI Hadapi Tantangan Besar


Eksistensi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam menegeluarkan sertifikasi dan fatwa halal, rupanya sudah diakui dunia internasional.

Banyak negara yang sudah mengadopsi Sistem Jaminan dan Sertifikasi Halal MUI.

Demikian disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Menurut Lukman, MUI kini menjadi role model banyak negara.
Obat-obatan

"LPPOM pun dikenal sebagai pelopor dalam gerakan sertifikasi halal. Tercatat ada ribuan sertifikat halal yang sudah dikeluarkan LPPOM MUI, “ kata Lukman melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (30/1).

Lukman melihat dengan beranjaknya usia LPPOM MUI yang sudah 29 tahun, tentu akan dihadapkan dengan tantangan dan tanggung jawab makin tidak ringan.

Sebab, semakin beragam dan canggihnya produksi makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika, maka akan dibutuhkan ketelitian dan ketekunan lebih dari LPPOM MUI untuk meriset produk-produk tersebut.

“LPPOM MUI adalah jaksa yang melengkapi berkas perkara untuk dibawa ke pengadilan. Sedangkan, komisi fatwa ibarat hakim yang memutuskan perkara di pengadilan. Jika LPPOM MUI salah mendeteksi, maka komisi fatwa MUI akan salah dalam mengeluarkan fatwa ,“ ujar Lukman.

Untuk kepentingan tersebut, tambah Lukman, LPPOM MUI harus kerja keras dan teliti sehingga bisa dijamin serta dipastikan bahwa sebuah produk tak mengadung DNA babi, darah hewan yang diharamkan dan penjualan tidak terhubung kepada hal-hal yang diharamkan.

“Kita beryukur dan berterima kasih atas kerja keras LPPOM MUI selama ini. Semoga semuanya akan dicatat sebagai amal ibadah para ahli yang terlibat dalam LPPOM MUI. Kita juga memberikan apresiasi atas dipilihnya LPPOM MUI sebagai role model sertifikat halal dunia," pungkas Lukman.

Sementara, Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin mengatakan, belum lama ini LPPOM MUI berhasil meraih sertifikat ISO 17065.

Sertifikat standarisasi mutu itu diberikan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

"Alhamdulillah, sejak beberapa tahun terakhir SJH LPPOM MUI sudah diadopsi oleh hampir seluruh lembaga halal di dunia, mulai dari Asia, Australia, Eropa hingga Amerika dan Afrika,“ tutup Kiai Ma’ruf

sumber:jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.