Tahu Gak Sih, Virus Ini Ternyata Bisa Mengubah Dunia Menjadi Lebih Baik


Jika kita mendengar kata virus, secara naluri kita pasti akan berfikiran tentang makhluk hidup berukuran mikro yang selalu menyebabkan penyakit bagi manusia dengan segala kengerian gejalanya.

Virus diibaratkan seperti robot zombie mikro, dimana mereka membajak sel inangnya (makhluk hidup yang diserang) dan merubah sel tersebut untuk kepentingan perkembangan virus itu sendiri.

Namun, banyak orang – orang menyamakan virus dengan bakteri, padahal tidak.

Virus berukuran jauh lebih kecil dari bakteri, dimana selain manusia, hewan, dan tanaman, virus juga menyerang bakteri sebagai dari perkembangannya.

Berikut merupakan beberapa virus yang bisa mengubah dunia menjadi lebih baik.

1. Telur Biru

Hampir semua ayam memiliki telur berwarna putih atau coklat, namun ternyata ada ayam yang memiliki telur berwarna biru dan hijau. Ayam ini termasuk jenis ayam Mapuche, Cili. Keunikan warna telur ini disebabkan oleh 2 faktor, infeksi virus dan darah.

2. Penghasil Listrik

Efek piezoelektrik memiliki beberapa penerapan, namun bahan yang digunakan untuk membuat perangkat piezoelektrik bersifat toksik dan sulit digunakan.Hal inilah yang membatasi penggunaan efek piezoelektrik secara luas. Ilmuwan dari laboratorium Berkeley bisa mengubah keterbatasan ini menggunakan virus. Mereka menggunakan virus bakteriofag M13, yang cenderung menyerang bakteri dan tidak membahayakan manusia. Virus ini berguna karena beberapa alasan: virus ini berkembang biak sendiri dalam jumlah jutaan, secara alami mampu mengatur diri mereka dalam keteraturan yang rapih, dan mudah untuk rekayasa genetika.

sumber :pepo.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.