Inilah 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Pengendara Wanita




JAKARTA Tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi belakangan ini adalah karena kurangnya kesadaran para pengendara sepeda motor akan pentingnya mematuhi rambu – rambu lalu lintas. Selain itu, beberapa kecelakaan yang menyebabkan luka parah bahkan kematian disebabkan ketidakpedulian pengendara untuk menggunakan alat pelindung diri yang seharusnya digunakan saat sedang mengendarai sepeda motor.

Beberapa dari ladies disini pasti adalah pengguna sepeda motor. Mulai dari ibu – ibu, anak muda, dan bapak – bapak pasti memilih untuk mengendarai sepeda motor karena keefisienan waktu dan keiritan yang bisa didapatkan dari kendaraan tersebut.

Untuk ladies yang seorang pengendara sepeda motor, yuk lebih tingkatkan kepedulian akan keselamatan kalian dalam berkendara. Berikut ini adalah hal yang sebaiknya ladies perhatikan sebelum pergi mengendarai sepeda motor :
 
Kondisi Kendaran

Mungkin sebagian dari ladies tidak mengerti tentang seluk beluk sepeda motor, akan tetapi penting bagi ladies untuk mengetahui sedikit bagaimana kondisi kendaraan ladies. Pastikan bensin, ban, rem dan lampu sepeda motor ladies dalam keadaan baik.

Jika ban ladies sudah dalam keadaan gundul sebaiknya jangan gunakan kendaraan tersebut apalagi disaat musim hujan, sebab kondisi ban yang gundul akan membahayakan ladies saat melalui jalanan licin.
 
 Cara Menggunakan Jalan

Untuk ladies yang ingin melaju dengan kecepatan rendah sebaiknya menggunakan lajur jalan sebelah kiri, sebab jika ladies menggunakan lajur kanan atau tengah bisa menghambat pengguna jalan lain yang sedang terburu – buru.

Pastikan perhitungan ladies jika ingin mengubah arah atau belok, gunakan lampu sein untuk memberi tanda pengendara dibelakang bahwa ladies ingin merubah arah. Jangan lupa matikan sein jika sudah berada diarah yang ladies inginkan, karena lampu sein yang masih menyala akan membinggungkan pengguna jalan yang lain.

 Kelengkapan Identitas

Pastikan ladies tidak lupa untuk membawa identitas yang lengkap saat bepergian menggunakan sepeda motor, terutama SIM C, STNK dan KTP. Jika ladies belum memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) sebaiknya tunda dulu keinginan untuk berkendara, sebab ladies yang belum memiliki SIM berarti belum memiliki izin untuk mengendarai sepeda motor.

Hal ini akan menjadi masalah saat ada operasi dari pihak kepolisian. Jadi sebelum mengendarai sepeda motor, ladies harus memiliki SIM C terlebih dahulu agar nyaman dan aman dalam berkendara.
 
Gunakan Helm    

Helm adalah alat pelindung diri yang paling penting karena helm akan melindungi kepala ladies dari benturan. Bahkan pemerintahan telah menetapkan kewajiban bagi seluruh pengendara roda dua untuk menggunakan helm dengan Standart Nasional Indonesia (SNI) dan jika peraturan ini dilanggar maka si pelanggar akan dikenakan sanksi.

Menggunakan helm itu demi keselamatan ladies loh, jadi jangan dengan alasan takut rambut atau jilbabnya rusak ladies jadi enggan menggunakan helm.

Sepatu

Tidak ada yang salah dari keinginan untuk terlihat cantik dan anggun, namun ladies harus memperhatikan situasi dan keadaan. Jangan sampai ladies menggunakan high heels atau wedges dengan tinggi 10 cm saat menggendarai sepeda motor, hal ini bisa berbahaya loh ladies. Jika keseimbangan tubuh ladies terganggu sehingga kaki terkilir bagaimana? Pasti tidak mau kan kalau kaki jadi sakit karena hal ini, niatnya mau terlihat anggun dan cantik tapi malah bikin sakit. Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat mengendarai sepeda motor ya ladies, kalau bisa gunakan sepatu yang bagian depannya tertutup jadi saat ladies tersandung jari kaki ladies tidak terluka.


Pakaian     

Ditengah era globalisasi saat ini pasti keinginan ladies untuk selalu mengikuti trend semakin besar. Tapi bagi ladies yang seorang pegendara sepeda motor sebaiknya pilihlah pakaian yang sesuai. Jika ladies ingin menggunakan baju yang panjang pastikan bagaimana posisi baju saat sudah mengendarai sepeda motor, jangan sampai panjang baju ladies mengganggu dan masuk ke gerigi motor karena hal ini bisa sangat berbahaya loh ladies.

Jangan lupa juga untuk menggunakan jaket jika sedang mengendarai sepeda motor ya ladies, karena jaket akan menjaga dari terpaan angin dan gerimis sehingga membuat tubuh ladies tetap hangat.
 
Jas Hujan

Belakangan ini cuaca sulit diprediksi ya, jadi pastikan ladies membawa jas hujan yang disimpan dalam bagasi jok sepeda motor sehingga saat hujan mendadak turun ladies tidak perlu bingung dan menunggu lama sampai hujan reda lagi.

 Sarung Tangan

Kegunaan sarung tangan bukan hanya untuk melindungi tangan ladies dari terpaan sinar matahari saja loh, tapi sarung tangan juga digunakan saat stang sepeda motor ladies licin serta dapat mencegah terjadinya penebalan kulit (kapalan). Pasti ladies tidak mau kan kalau saat berjabat tangan dengan seseorang tangan ladies terasa kasar.

Masker

Tidak hanya sebagai pelindung wajah dari debu dan sinar matahari, masker juga berfungsi untuk menyaring udara yang ladies hirup saat berkendara. Banyaknya polusi saat ini, dapat menyebabkan ladies mengalami gangguan saluran pernafasan atau alergi jika tidak menggunakan masker. Maka sebaiknya gunakan masker saat sedang mengendarai sepeda motor ya ladies.

Amati Keberadaan Rambu – Rambu Lalu Lintas

Sebagai warga negara yang baik, ladies haruslah mengetahui dan mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada. Jangan sampai ladies memarkirkan kendaraan ladies dibawah tanda dilarang parkir, jangan sampai ladies menyerobot lampu merah dan jangan sampai ladies menerobos palang kereta yang sudah tertutup. Semua hal itu bisa membahayakan ladies dan orang – orang lain disekitar, jadi pastikan ladies mengerti makna dan arti rambu – rambu lalu lintas tersebut.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya ladies perhatikan sebelum mengendarai sepeda motor, semoga bermanfaat. Stay save Ladies!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.