Tips Merawat Motor Tua


Bagi pecinta motor tua atau motor klasik meski saat ini sudah tidak lagi diproduksi, namun kita sering menjumpai banyak pengguna motor tua di jalanan Jack. Meski usia motor sudah tergolong berumur, namun motor klasik bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, selain modelnya yang unik tentu juga penampilan yang memang masih banyak yang kinclong.
 
Bagian kalian pengguna motor klasik, Oom Jack punya tips nih supaya motor klasik kalian tetap tampil kinclong dan tidak sering ngambek ketika diajak jalan. Tips ini Oom jack dapatkan dari Candra, pemilik toko sekaligus bengkel Classic Point Motor, di Ciputat, Tangerang Selatan.

Menurut Candra, perawatan motor klasik sangat mudah, supaya motor tetap memiliki tenaga yang oke, ada empat yang harus diperhatikan.

Rajin mengganti pelumas mesin alias oli, Jack. Candra menyarankan, supaya motor tetap oke, jangan sampai telat mengganti oli, lakukan penggantian oli sebulan sekali dan disesuaikan dengan spesifikasi motornya, kalau motor 2-tak ya gunakan oli untuk motor 2-tak Jack. Oli salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk menjaga kinerja komponen-komponen mesin tetap optimal.

Yang kedua, rajian melakukan pemeriksaan pada piranti pengapian seperti platina, aki, dan kabel-kabel yang berhubungan dengan kelisrikan. Jika ada kabel yang terkelupas atau sudah terlihat retak-retak sebaiknya segera diganti dengan yang baru, jangan sampai kabel yang sudah putus disambung lagi, jika sambungannya tidak baik, biasanya akan mudah terbakar. Hiii.. Serem Jack!

Berikutnya pakailah sparepart asli, meski motor tua tapi kalau onderdilnya asli dijamin bakal panjang umur. Spare part asli itu awalnya memang terlihat mahal, namun umur pakainya bisa dua sampai tiga kali lipat ketimbang komponen palsu, atau lebih kerennya sebutan KW2.

Yang terakhir lakukan pencucian motor apabila motor terlihat kotor, supaya debu atau kotoran yang melekat pada bodi motor tidak merusak cat ataupun piranti lainnya. Selain itu kegunaan mencuci motor juga supaya cat motor tetap awet, gunakan sabun khusus untuk mencuci motor ya Jack

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.