Mengenal Perbedaan Dekorasi Antik, Vintage dan Retro


Antik, vintage dan retro adalah tiga istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan benda kuno. Ketiga istilah tersebut dianggap mirip atau sama saja bagi yang belum memahaminya. Padahal ketiganya memiliki arti yang berbeda. 

Sebenarnya, memang tidak ada pedoman baku untuk menjelaskan perbedaan benda antik, vintage dan retro. Namun bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan barang-barang kuno, Anda mesti tahu batasan umum yang membedakan ketiganya.

Antik
 
Suatu benda bisa disebut antik jika sudah berusia lebih dari 100 tahun, bukan merupakan hasil produksi pabrik atau produk yang dibuat secara massal.
Klasifikasi lainnya ialah tingkat ketersedian. Jika suatu benda sudah masuk dalam kategori langka karena jumlahnya sedikit, maka biasanya pengoleksi barang antik mengkategorikan benda tersebut sebagai barang antik.

Nah, dalam dekorasi benda antik, biasanya tidak seluruh bagian di dalam ruangan dipenuhi benda antik. Cukup satu sampai tiga benda saja yang mengisi ruangan.

Vintage
 
Barang vintage biasanya dikategorikan untuk benda yang dibuat lebih dari 20 tahun yang lalu atau usianya masih di bawah 100 tahun. Umumnya, desain barang vintage memiliki kekhasan tersendiri yang mewakili periode tertentu saat barang itu muncul.

Saat ini, benda yang berasal dari tahun 80-an sudah termasuk ke dalam kategori vintage. Terutama untuk dekorasi interior, benda yang dianggap masuk kategori vintage biasanya yang berasal dari tahun 1940-1950.

Untuk dekorasi rumah, Anda bisa menempatkan dekorasi vintage untuk membuat ruangan unik tanpa harus terlihat norak. Pilihlah desain vintage yang Anda sukai dan terapkan pada ruangan.

Retro


Jika benda antik atau vintage berasal dari benda masa lalu, maka benda retro dikategorikan untuk benda yang baru dibuat saat ini tetapi dengan gaya dan desain zaman dulu.
Selain itu, suatu benda juga bisa disebut bergaya retro jika mengacu pada gaya yang pernah populer di masa lalu, namun kemudian menjadi terkenal  kembali. Seperti gaya dekorasi yang pernah populer di tahun 60-70-an, namun kini kembali populer.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.