Ini Dia Situs-situs Ini Pernah Berjaya di Tahun 2000-an Masih Ingat Kah?



Internet mulai marak digunakan di Indonesia pada tahun 1990-an. Penggunaan internet tempo dulu belum bisa dikatakan merata. Hanya segelintir orang yang memiliki akses internet sendiri dan mau berlama-lama mengakses internet. 

Kebanyakan orang di tahun 90-an lebih senang berinteraksi sosial di kehidupan nyata daripada dunia maya. Warung internet (warnet) menjadi wadah bagi mereka yang hendak berseluncur di internet. Sekadar belajar menggunaan internet, belajar membuat email, dan chatting.

Situs-situs ini sempat berjaya di masanya dan banyak pengguna yang pernah menggunakan dan tergabung di situs ini. Namun sayangnya gaungnya sudah tidak terdengar karena terkalahkan dengan situs lain yang lebih optimal. Berikut situs-situs yang mungkin pernah Anda gunakan di tahun 90-an dan 2000-an.

1. mIRC

 mIRC merupakan situs chatting yang dapat menyembunyikan identitas diri Anda. Anda bisa memilih username yang Anda mau dan memulai berdialog dengan siapapun yang muncul di kolom chat. Banyak pengguna mIRC yang memalsukan data diri mereka saat memulai percakapan dengan orang asing di belahan bumi lainnya. Penggunaannya pun beragam. Ada yang menggunakan mIRC sekadar untuk mengobrol santai, mencari teman, atau mempelajari bahasa baru jika lawan chat merupakan orang asing. mIRC begitu di gemari karena Anda dapat menemukan teman, yang mungkin saja ia adalah teman Anda sendiri yang menggunakan identitas palsu.

2. Friendster

 Berawal dari mIRC, berakhir di Friendster. Untuk mengetahui identitas asli lawan bicara, biasanya pengguna akan ‘menagih’ akun Friendster mereka untuk memastikan bahwa wujud lawan dialognya ini adalah nyata. Kebanyakan pengguna Friendster akan berlomba-lomba mengumpulkan banyak teman, karena memang tujuan awal dari jejaring sosial Friendster ini adalah berteman dengan siapapun. Dengan adanya Friendster koneksi jadi tidak terbatas bukan. Friendster kini tinggal kenangan. Anda sudah tidak dapat mengaksesnya karena sekarang Friendster telah berubah jadi situs games.


3. LiveConnector

 Serupa dengan mIRC, situs ini menyediakan fitus chatting dan forum. LC jadi alternatif saat mIRC tengah mengalami gangguan atau pengguna ingin mencari teman baru. LC di buat oleh developer asal Indonesia yang pesonanya tidak kalah hebat. Penggunanya mencapai 250.000 orang.

4. Yahoo Messenger

 Jika BBM, WhatsApp dan Line merajai aplikasi chatting di Indonesia, dulu Indonesia lebih akrab dengan Yahoo Messenger (YM). YM memiliki fitur chatting, panggilan suara, webcam, dan games. YM di tahun 2000-an juga tersedia room chat dari berbagai Negara dan sesuai dengan hobi yang Anda minati.

5. Multiply

  Jika Anda termasuk pengguna yang gemar menulis, Multiply bisa jadi pilihan Anda. Multiply merupakan jejaring sosial yang mengizinkan Anda untuk membagi foto, video, komen, blog, bahkan musik. Multiply begitu terkenal di tahun 2004 tidak hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara. Namun sayangnya multiply sudah gulung tikar dan berganti menjadi situs jual beli dan e-commerce.

Situs apa yang paling sering Anda gunakan di tahun 2000-an? Share di sini ya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.