Serunya Pekan Olahraga Indonesia di Jepang


Tahun ini, Pekan Olahraga Masyarakat (PORMAS) di Jepang diadakan di Okayama University, Kansai, Jepang. Tercatat 368 peserta yang berpartisipasi dalam PORMAS Kansai 2017.

Mereka tergabung dalam 12 kontingen yang berada di wilayah Kansai, diantaranya KJRI Osaka, PPI Osaka-Nara, PPI Kobe, PPI Kyoto-Shiga, PPI Hiroshima, PPI Okayama, Kenshusei Osaka-NARA, Kenshusei Kobe,dan EPA Nurse.

PORMAS Kansai 2017 sendiri mempertandingkan tujuh cabang olahraga. Yaitu tenis meja, bulutangkis, basket, volley, soft volley, tenis lapangan, futsal. ’’Ini merupakan kali pertama Okayama University didaulat sebagai tuan rumah. Kami mendapat dukungan luar biasa dari Okayama University. Pihak kampus memperbolehkan kami menggunakan dua gymnasium, yakni gymnasium futsal dan tenis untuk pelaksanaan Pormas ini,’’ tuturKetua Panitia PORMAS Kansai 2017 Irfan Sugianto dalam acara yang juga didukung oleh KJRI Osaka tersebut.

Pertandingan di masing-masing cabang olahraga berlangsung dengan meriah. Misalnya saja di final cabang olahraga tenis lapangan putra. Ketatnya alur pertandingan membuat cabang ini menghasilkan juara PPI Kyoto-Shiga dan PPI Kobe.

Melalui ajang PORMAS ini, diharapkan masyarakat Indonesia baik pelajar maupun pekerja bisa lebih mempererat tali silaturahmi sebagai sesama perantau di Negeri Sakura.

Arena gymnasium Okayama University juga menjadi wadah pelepas stress dari tekanan hidup yang dialami sehari-hari. Konsul Jenderal Republik Indonesia Osaka Wisnu Edi Pratignyo menambahkan, pihaknya memang harus mendukung kegiatan diaspora Indonesia di Jepang.

’’Tahun lalu juga ada pertandingan badminton Kansai Cup yang juga diselenggarakan di Okayama. Apapun itu yang mempererat silaturahmi orang Indonesia di sini,’’ paparnya. (ina/tia)
SUMBER : jawapos.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.